Monday, July 1, 2013

6. Sistem Koordinat Cartesius, Polar,Relatif, dan Absolut

Sistem Koordinat Kartesius dan Polar (Cartesian and Polar Coordinate Systems)

Di dalam ruang dua-dimensi (2D), satu titik bisa digambarkan dengan menggunakan sistem koordinat yang berbeda. Titik tersebut diposisikan atau diletakkan dengan menggunakan sebuah sistem koordinat Kartesius, sebagai X dan Y dalam satuan tertentu dari titik asal. Titik yang sama juga bisa diletakkan dengan menggunakan sistem koordinat polar, yakni sebagai satuan  r dan θ dari titik asal. 



Untuk bentuk geometri mendatar (planar geometry), sistem koordinat polar sangat berguna dalam membuat aplikasi tertentu. di dalam sistem koordinat polar, titik didefinisikan sebagai istilah jarak radial, r, dari titik asal dan sebuah sudut sebesar θ antara arah r dan aksis positif sumbu X. Sistem default untuk pengukuran sudut dalam AutoCAD® 2013 didefinisikan sebagai nilai positif sudut (angular) yang diukur berlawanan arah dari jarum jam dari sumbu aksis X posisitf. 


Koordinat Absolut dan Relatif (Absolute and Relative Coordinates)



AutoCAD® 2013 juga memungkinkan kita menggunakan koordinat absolut dan koordinat relatif untuk mengkonstruksi secara cepat suatu obyek. Nilai koordinat absolut diukur dari asal titik sistem koordinat saat ini. Nilai-nilai koordinat Relatif ditentukan dalam hubungannya dengan koordinat sebelumnya. 


==> Catat bahwa tampilan  area koordinat bisa juga digunakan sebagai tombol perubah; klik-kiri-mouse merupakan tombol menghidupkan/mematikan tampilan koordinat (coordinate display on or off).


Di dalam AutoCAD® 2013, koordinat absolut dan relatif bisa digunakan untuk menggabungkan sistem koordinat Kartesius dan polar.Secara default, AutoCAD berharap kita memasukkan nilai-nilai dalam koordinat Kartesius absolut, jarak terukur dari titik asal sistem koordinat saat ini. Kita bisa memindahkan ke penggunaan koordinat relatif dengann menggunakan simbol @. Simbol @ digunakan sebagai specifier (penentu spesifik) koordinat, di mana kita bisa menentukan posisi spesifik satu titik dalam kaitannya dengan titik sebelumnya. 



Informasi lebih lanjut lowongan, klik di sini.

1 comment: