Saturday, June 22, 2013

1. Belajar AutoCAD : Strategi Terpenting Yang Harus Anda Tahu



Belajar menggunakan Sistem AutoCAD adalah mirip belajar sebuah bahasa baru. Penting untuk memulai dari dasar-dasar huruf alphabet dan bagaimana menggunakannya dengan benar dan efektif melalui latihan-latihan.
I
ni akan membutuhkan pembelajaran banyak konsep baru dan keahlian baru seperti halnya belajar kosa kata baru untuk penggunaan yang berbeda-beda.
Sekarang ini mayoritas pekerjaan gambar menggunaan CAD khususnya AutoCAD baik di bidang Arsitektur bangunan, sipil, pipa, kawasan, dan juga Mekanik mampu dibuatkan model gambar tiga dimensi solidnya (3-dimensi).

Tanpa kecuali, semua sistem CAD dengan AutoCAD mampu kita buat desain menggunakan seluruh desain geometris dan banyak konstruksi digunakan dalam desain teknis yang berdasarkan pada gambar geometri dua dimensi (two-dimensional planar geometry).  Metode dan jumlah operasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan konstruksi dasar planar adalah berbeda dari satu sistem ke sistem yang lain.

Supaya pembelajaran bisa efektif dan efisien dalam menggunakan Sistem CAD, maka kita harus belajar menciptakan seluruh bentuk geometris secara cepat dan akurat. 

Untuk belajar menggunakan sistem CAD, garis dan lingkaran misalnya, adalah langkah kedua, dan barangkali dua hal terpenting dari keseluruhan geometris yang harus dikuasai adalah ketrampilan membuat dan memodifikasi  (creating and modifying).

Garis lurus dan lingkaran digunakan di hampir semua bentuk desain  teknik. Dalam menelaah perbedaan tipe-tipe entitas geometris permukaan datar, pentingnya garis dan lingkaran tidak diragukan lagi. Segitiga dan bentuk Polygon adalah bentuk geometris permukaan datar (planar geometris) yang dibatasi oleh garis lurus. 

Elips dan kurva lengkung bisa dikonstruksi dengan menghubungkan busur-busur dengan radian yang berbeda.  Satu keuntungan menguasai pengalaman penggunaan garis dan lingkaran adalah bahwa hal itu bisa diterapkan dengan prosedur yang kurang labih sama dalam menciptakan entitas geometris dengan bentuk dasar yang sama.
Di bagian ini Anda akan belajar cara membuat garis dan lingkaran menggunakan  AutoCAD® 2013. 

Memulai AutoCAD® 2013 

1.  Pilih AutoCAD 2013 di pilihan Program menu atau pilih ikon AutoCAD 2013 pada Desktop Anda. 



  •  Sekali program melaksanakan loading ke dalam memory, layar gambar AutoCAD® 2013 akan muncul di layar komputer anda. 
 ==> Catat bahwa AutoCAD secara otomatis akan menandai dengan nama generik, Drawing X, sebagai gambar baru yang anda buat. Misalnya, AutoCAD membuka jendela grafis menggunakan unit sistem baku (default) dan menamakannya dengan nama Drawing1. 



2.  Jika perlu, klik panah ke bawah(down-arrow) pada bar Quick Access dan pilih Show
Menu untuk memperlihatkan Menu Bar AutoCAD. Menu Bar menyediakan akses untuk semua perintah AutoCAD.

Pengaturan Unit Gambar (Drawing Units Setup)


Setiap obyek yang kita buat menggunakan Sistem CAD selalu diukur dalam satuan unit. Kita harus menentukan sistem unit dalam Sistem CAD sebelum membuat entitas geometris pertama kalinya. 

1.  Pada Menu Bar pilihlah : [Format] --> [Units]

•  Menu Bar AutoCAD memuat banyak menu multiple pull-down, di mana semua perintah-perintah AutoCAD bisa diakses. Catat bahwa banyak item-item menu terdaftar pada menu pull-down ini yang juga bisa diakses melalui toolbar Quick Access dan/atau panel-panel Ribbon panels. 




 








2.  Klik pada pilihan Length Type untuk memunculkan tipe-tipe satuan panjang yang berbeda-beda yang tersedia. Konfirmasi tipe satuan panjang ke dalam Decimal.









3.  Pada gambar anda sendiri, periksalah pengaturan-pengaturan lain yang tersedia. 






4.  Pada kotak dialog Drawing Units, aturlah Tipe panjang (Length Type) ke dalam unit satuan desimal (Decimal). Ini akan menentukan pengukuran ke dalam satuan baku Inggris, yakni inchi (inches).     

5.  Aturlah tingkatan keakurasian/presisi (Precision) ke dalam dua digit setelah titik desimal sebagaimana diperlihatkan pada gambar di atas.   



6.  Klik OK untuk keluar dari kotak dialog Drawing Units.

Setelah penentuan atau pengaturan satuan (Units) gambar, maka selanjutnya kitya akan membahas tentang cara pengaturan area gambar (Drawing Area Units). Lanjutkan pada postingan di bagian kedua. : Drawing Area Setup.




Informasi lebih lanjut lowongan, klik di sini.


No comments:

Post a Comment