Friday, June 28, 2013

4. Database CAD dan UCS (User Coordinate System)


Basis Data dan Sistem Koordinat Pengguna (UCS)



Disain dan gambar yang dibuat dengan menggunakan sistem CAD, selalu didefinisikan dan disimpan menggunakan seperangkat titik yang disebut dengan world UCS atau World space atau World space saja. Di sebagian terbesar sistem CAD, World UCS Space atau World Space didefinisikan sebagai penggunaan sistem koordinat Cartesian 3-dimensi. Yakni tiga akses perpendikular yang saling mendukung yang selalu diistilahkan dengan aksis atau sumbu X-, Y-, dan Z. Perpotongan tiga sumbu koordinat membentuk satu titik yang disebut dengan origin. Beberapa titik di dalam world space dengan demikian bisa didefinisikan sebagai jarak dari origin  dalam arah X-, Y- dan Z. Di sebagian terbesar sistem CAD, araqh dari panah diperlihatkan pada aksis yang diidentifikasi sebagai sisi positif dari koordinat. 


Sebuah file CAD, adalah versi elektronis dari desain, memuat data yang menggambarkan keseluruhan sistem CAD yang kita buat. Informasi-informasi seperti nilai-nilai koordinat di dalam world space untuk semua titik akhir (endpoints), titik pusat (center points), dan lain-lain, sejauh merupakan deskripsi dari tipe-tipe semua yang ada terseimpan di dalam file. Mengetahui bahwa penyimpanan desain-desain file AutoCAD dengan menjaga data koordinat membantu kita untuk memahami input-input yang diperlukan untuk menciptakan entitas. 


Ikon di dekat sudut kiri bawah dari jendela grafik AutoCAD baku (default) memperlihatkan arah X dan arah-Y dalam sistem koordinat (UCS) itu aktif. Di dalam AutoCAD, sistem koordinat yang digunakan untuk membuat entitas tergabung dalam sistem koordinat pengguna (UCS). Secara default,  sistem koordinat pengguna (UCS) diwujudkan dalam sistem koordinat dunia atau world coordinate system (WCS). Koordinat Sistem dunia (WCS) adalah sistem koordinat yang digunakan AutoCAD sebagai basis pendefinisian semua obyek dan sistem koordinat lain yang didefinisikan oleh pengguna. Kita berpikir bahwa asal dari sistem koordinat dunia adalah sebagai satu titik tetap yang digunakan  sebagai sebuah referensi untuk semua pengukuran. Orientasi default dari aksis-Z bisa dipertimbangkan sebagai nilai poitif di depan monitor dan nilai negatif di dalam monitor.


Informasi lebih lanjut lowongan, klik di sini.

No comments:

Post a Comment